2 Hal Mendasar Perbedaan AR dan VR Yang Harus Diketahui

2 Hal Mendasar Perbedaan AR dan VR Yang Harus Diketahui

2 Hal Mendasar Perbedaan AR dan VR Yang Harus Diketahui dalam Komputer

Teknologi yang makin hari makin berkembang melahirkan hal hal baru yang menarik perhatian masyarakat. Seperti hadirnya Augmented Reality dan juga Virtual Reality yang disingkat dengan AR dan juga VR. Keduanya awalanya digunakan untuk platfrom gaming  yang meningkat tajam. Hingga akhirnya banyak pengembang aplikasi juga memanfaatkan teknologi satu ini. Namun sebenarnya apa perbedaan AR dan VR? Yuk simak ulasannya.

Perbedaan Augmented Reality dan juga Virtual Reality

  1. Perangkat Yang Digunakan

Secara umum, AR dan VR ini hadir untuk merangsang presepsi indera para penggunanya. Untuk perbedaan yang pertama berasal dari perangkat yang digunakan. Ar tidak membutuhkan alat khusus untuk menikmati bisa menggunakan smartphone maupun gadget yang telah dilengkapi dengan aplikasi AR. Jika telah memilikinya maka anda sudah bisa menikmati sajian dunia virtual. Memang AR lebih mengedepankan efektivitasnya.

Sementara utuk VR membutuhkan sebuah perangkat yakni headset VR. Nantinya headset ini bisa dihubungkan dengan console sehingga anda bisa menikmati sensasi virtual melalui headset. Umumnya headset ini harus terkoneksikan dengan pc maupun laptop yang memenuhi spesifikasi tertentu. Namun kini juga sudah ada brand VR yang langsung tergubung dengan ponsel para penggunanya sehingga bisa menikmati VR lebih mudah.

  1. Prinsipnya

Tak hanya dari perangkatnya, Perbedaan AR dan VR juga bisa dilihat dari pengalaman yang ditawarkan. Ar akan menambahkan konten virtual dalam lingkungan tanpa menggantikannya. Sehingga dalam lingkungan anda, anda bisa melihat ada tambahan virtual lain yang muncul. Sementara jika VR anda akan merasakan di dalam dunia virtual. Anda tidak akan bisa merasakan lingkungan nyata karena di blokir. Akan sangat pas jika VR digunakan untuk main game atau nonton film.

Kedua teknologi virtual ini tentunya akan membuat pengalaman melakukan sesuatu seperi main game atau melihat film semakin terasa menyenangkan. Bahkan ada sebuah teknologi yang bisa mengabungkan kedua sensasi virtual dari keduanya. Dengan adanya teknologi ini bukan berarti harus selalu hidup di dunia virtual. Jika hanya untuk hiburan tentunya tak masalah, akan berbeda jika nantinya mempengaruhi kehidupan nyata para penggunanya

Share:

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.